iklan

Minggu, 22 Oktober 2023

Sistem Operasi di dalam Teknologi Informasi

Program Sistem Operasi digunakan untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengatur, mengontrol, dan mengendalikan cara kerja proses pengolahan data (manajemen pengolahan data) di dalam Unit Pusat Pengolah Data (CPU) komputer. Dalam pekerjaan ini, CPU menggunakan peralatan eksternal yang dibutuhkan oleh Programmer maupun pemakai komputer. Oleh karena itu, diperlukan penghubung (interface) antara CPU dengan peralatan eksternal tersebut. Untuk itu, program system operasi harus mempunyai kemampuan agar supaya Programmer mudah dalam membuat program aplikasi. Program system operasi harus dapat untuk mengembangkan proses pengolahan data, sehingga dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya tidak dapat dikerjakan oleh komputer.


Dengan semakin besarnya program system operasi, maka program system operasi dibagi menjadi modul-modul yang lebih kecil. Untuk mengoperasikan modul-modul system operasi ini, diperlukan sys-tem operasi multiprogramming agar supaya program system operasi dapat menjalankan dua atau lebih program aplikasi pada saat yang bersamaan. Anda membutuhkan ini, silahkan klik disini
Sistem operasi berfungsi untuk mengembangkan ide (gagasan) bagi programer dalam pembuatan program baru baik program sistem operasi maupun program aplikasi yang dipergunakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang timbul, dan sistem Operasi berfungsi sebagai interface (penghubung) antara pemakai komputer dengan perangkat keras komputer. Dikarenakan komputer sebagai alat elektronik yang tidak mampu untuk berkomunikasi dengan pemakainya, maka diperlukan sarana untuk itu. Sarana tersebut adalah Sistem Operasi yang merupakan suatu program yang didesign sedemikian rupa, agar dapat mengontrol jalanya program aplikasi dan mengendalikan interface semua peralatan yang dibutuhkan. Sehingga komputer mampu menjalankan proses pengolahan data, sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemakainya dengan tepat dan cepat.
Buku ini mencoba focus pada hal itu : Pengetahuan Sistem Operasi yang banyak digunakan pada laboratorium-laboratorium perguruan tinggi, mempermudah dan mempercepat untuk memahami sistem operasi. Bagaimana mengatasi masalah yang timbul pada sebuah sistem operasi yang sedang digunakan, mengikuti perkembangan teknologi informasi yang terbaru. Buku ini memang lebih ditujukan untuk membantu para mahasiswa, apapun program studinya, yang tengah mempelajari mata kuliah Sistem Operasi yang lebih menekankan pada aspek pengetahuan system operasi. Karena itu, berbagai contoh yang disajikan dalam buku ini juga diambil dari fakta yang dekat dengan system operasi yang umum dipakai. Kendati demikian, buku ini sesungguhnya juga terbuka dan bermanfaat bagi siapa saja yang perlu penguasaan pada aspek dasar system operasi.

Tidak ada komentar: