iklan

Senin, 30 November 2009

Organisasi Teknologi Informasi/Organisasi Komputer

nullnullnullnullnullBuku ini membahas tentang Organisasi Komputer, yang dibahas dalam buku ini adalah pembahasan tentang bagaimana Manajemen Sumber Daya Komputer dalam melakukan kegiatan pengolahan data di dalam komputer, apa dan bagaimana pekerjaan masing-masing unit dan subunit di dalam struktur organisasi komputer agar supaya mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Struktur Organisasi Komputer merupakan himpunan komponen dan elemen brainware, hardware dan software, brainware terdiri dari analis, perancang, perakit hardware dan software serta pemakai teknologi informasi, sedangkan komponen hardware terdiri dari Central Processing Unit dan peralatan-peralatan eksternal yang dikonfigurasi dan dijalankan oleh software dalam bentuk perintah dan prosedur pelaksanaan perintah untuk mengolah data menjadi informasi. Anda membutuhkan ini,
silahkan klik disini Perintah yang datangnya dari brainware akan diubah dalam bentuk code yang sesuai dengan standardnya, perintah tersebut lalu diteruskan oleh unit yang disebut central processing unit (CPU) ke hardware baik unit internal maupun peralatan eksternal. Setiap peralatan ekternal ini dihubungkan ke Central Processing Unit melalui masing-masing interface dengan menggunakan databus eksternal yang sesuai, kegiatan yang terjadi didalam hubungan tersebut dilakukan oleh komponen software yang akan mengatur secara terpusat atau terdistribusi. Di dalam Central Processing Unit (CPU) terdapat bagian yang berfungsi sebagai unit pemberi perintah, unit penyimpanan (memory), unit pengolahan data (processor), unit masukan data, unit keluaran data, unit pengendali program, dan unit pengontrol program, bentuk struktur organisasi Central Processing Unit tergantung dari konfigurasi fungsi dari databus unit yang diaktifkan. Pekerjaan mengolah data dalam Central Processing Unit (CPU) di lakukan oleh databus yang dikontrol dan dikendalikan oleh cpu dimana bentuk data menggunakan digital yang dikodekan bit=0 atau bit=1 secara berkelompok disebut byte, data tersebut diolah menjadi informasi untuk memenuhi kebutuhan dari pemakai teknologi informasi (komponen brainware) mengikuti struktur data yang sesuai dengan keinginan user. Informasi yang dibutuhkan oleh brainware ini berbentuk huruf, angka, maupun tanda-tanda yang dikenali oleh manusia secara umum. Juga dibahas tentang unit-unit lain yang digunakan untuk mengendalikan & mengontrol databus pemasukan data/informasi ke dalam Central Processing Unit (CPU) dari peralatan ekternal ataupun sebaliknya, dan pengiriman data/informasi ke Central Processing Unit komputer lain atau menerima data/informasi dari Central Processing Unit komputer lain.


Materi pembahasan dititik beratkan pada bagaimana prosedur dan mekanisme kegiatan kerja dari setiap unit struktur orgasnisasi perangkat keras, sesuai fungsi serta tugas masing-masing unitnya. Bagaimana operasi fungsional dari unit dalam bentuk software, agar arus kerja pengolahan data yang dikendalikan serta dikontrol oleh unit tersebut dalam bentuk software berjalan. Software adalah kumpulan perintah yang disusun sedemikian rupa menjadi program, ada dua program yang penting yaitu program system operasi dan program system aplikasi. Semua perintah datangnya dari sebuah unit di dalam Central Processing Unit, sedang yang akan mengerjakan perintah tersebut adalah unit hardware yang sesuai baik di dalam maupun di luar CPU. Program aplikasi adalah program yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemakai teknologi informasi, setiap perintah dari pemakai teknologi informasi akan diubah ke dalam perintah-perintah mesin yang sesuai. Adapun program system operasi adalah program yang berfungsi menyediakan fasilitas semua komponen (sarana) dan elemen (prasarana) komputer yang dibutuhkan pada suatu saat, agar dapat digunakan oleh program aplikasi dalam mengolah data menjadi informasi.

Tidak ada komentar: